Jumat, 19 Agustus 2011

[ALLAH/EL/THEOS] & [TUHAN/ADONAI] adalah kata ganti / (KEDUDUKAN) dan bukan NAMA DIRI


ALLAH bukanlah nama Tuhannya bangsa Arab namun lebih tepat disebut sebagai `El' dalam dialek Arab dalam rumpun bahasa Semitik (jadi bukan terjemahan). Dalam dialek Aram-Siria, nama `El' menjadi `alaha/aloho' yang dipakai dalam Alkitab Siria `Peshita.' Dalam Ensiklopedia Britannica, kata `Allah'  "berasal dari sumber tulisan Semitik dimana kata ganti/sebutan Tuhan adalah `Il' atau `El'.

Allah adalah kata standar yang digunakan dalam bahasa Arab sebagai kata ganti untuk `Tuhan' yang juga digunakan oleh orang Arab Kristen sebagaimana digunakan oleh Arab Islam" (1999-2000 Britannica.com).

Baik orang Arab yang beragama Yahudi & Kristen sudah ada sebelum hadirnya Islam, sudah menggunakan kata `Allah' untuk menyebut `El' Semitik.



Kata “Allah” [(El) > (ELOHIM)] maupun “Tuhan” [(ADONAI) > THEOS)] hanyalah kata ganti untuk memaksudkan suatu Pribadi, dan bukan sejajar dengan nama diri dari Pribadi yang menjadi Allah itu (yang dimaksudkan)  – yaitu YHWH (Yahweh).


Contoh 1:
Kel.3:15 Selanjutnya berfirmanlah Elohim kpd Musa: "Beginilah kaukatakan kpd org Israel: YHWH, Elohim (Allah) nenek moyangmu, Elohim (Allah) Abraham, Elohim (Allah) Ishak dan Elohim (Allah) Yakub, telah mengutus aku kepadamu:

----Dalam ayat ini dengan sangat jelas dikatakan bahwa dalam kedudukan-Nya sebagai Elohim (Allah), Ia menerangkan bahwa YHWH (Yahweh) adalah nama diri dari Pribadi yang menjadi Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.



Contoh 2:
Keluaran 6:7 Dan Aku akan mengambil kamu sebagai suatu bangsa milikku, dan Aku akan menjadi Allah bagimu; dan kamu akan tahu bahwa Akulah Yahweh, Allahmu, yang membawa kamu keluar dari tekanan orang mesir.
----Dari ayat ini, (Aku akan menjadi Allah bagimu), juga dengan sangat jelas digaris bawahi bahwa kata “Allah” hanyalah sebuah kedudukan. Jika masih kurang, contoh ke 3 mari kita lihat;



Contoh 3:
Keluaran 7:1 Maka Yahweh berfirman kepada Musa, “ Lihat, aku menjadikan engkau Allah  bagi Firaun, dan Harun, saudaramu, akan menjadi nabimu.
----Dari contoh dalam ayat ini, bahkan kedudukan (dalam konteks ‘relative’ ini semakin diperjelas)



Contoh 4:
Dalam Kitab YesaYah 45:21 di katakan,
“Ani Yahweh we ein od Elohim mibalada..”
yang artinya,
“Aku Yahweh, tidak ada Elohim (Allah) lain selain Aku...





TAMBAHAN:


PEMBUKAAN:

Kitab para nabi
Dalam Paleo Hebrew yaitu di gulungan laut Mati untuk Mazmur 119: 54-64
dan  teks kitab Yesaya dalam bahasa Ibrani.

Naskah-naskah Ibrani lengkap tertua yang kita miliki berasal dari tahun 900 M. dan sesudahnya. Bagaimana kita dapat memiliki kepastian bahwa penyalurannya dilakukan dengan tepat sejak zaman Kristus pada tahun 32 M itu?  Berkat arkeologi dan Gulungan Laut Mati, kita sekarang benar-benar mengetahuinya.

Salah satu naskah yang ditemukan adalah sebuah NASKAH LENGKAP  teks kitab Yesaya dalam bahasa Ibrani.

[YesaYah 45:21 ]
di katakan, “Ani Yahweh we ein od Elohim mibalada..”
yang artinya,
“Aku Yahweh, tidak ada Elohim (Allah) lain selain Aku...



DUKUNGAN TEMUAN ARKEOLOGI:

TENTANG DITEMUKANNYA INSKRIPSI-INSKRIPSI KUNO DI KUNTILET AJURD
DEMIKIAN:



Contoh 1. bukti Arkeologi;

5384.-Kuntillet-Ajrud----------2. (and) Yahweh

5015. LACHISH LETTER No. 2.-----THAT HE HOPES THAT 'YAHWEH'

5386. Three Shekel Ostracon. -------[Ze]chariah silver of Tarshish for the House of Yahweh

Contoh 2. bukti Arkeologi:
1.       The Mesha Stele bears the earliest known reference (840 BC) to the sacred Hebrew name of God - YHWH.
2.       The Tetragrammaton in Paleo-Hebrew (10th century BC to 135 AD), old Aramaic (10th century BC to 4th century AD) and square Hebrew (3rd century BC to present) scripts.



JUGA:
Tetragramaton Untuk Yeremia 33:2   VERSI BAHASA ARAB,  ternyata tidak memakai kata "ALLAH" untuk sesembahan bagi Abraham Ishak dan Yakub tetapi "YAHWEH"

Dalam Paleo Hebrew yaitu di gulungan laut Mati untuk Mazmur 119: 54-64
http://gkmin.net/gk/NAMA_YAHWEH.pdf



Sehingga tidak ada yang tidak jelas dalam ayat di bawah ini:

Yesaya 42: 8 Akulah Yahweh, itulah namaku.
Yesaya 45:5  Akulah Yahweh, dan tidak ada yang lain. Kecuali Aku tidak ada Allah.

========================

Yahweh/YHWH ==> Berkedudukan sebagai ALLAH (EL/ELOHIM) / TUHAN (ADONAI).

========================:

*Jika Umat islam tidak mengakui bahwa Allah/Tuhan mereka adalah Pribadi bernama Yahweh/YHWH yang menjadi Allah bagi Abraham dan para nabi, maka harus pula diakui pula bahwa Umat islam menyembah  kepada ALLAH Yang berbeda dari Allahnya Para Nabi tersebut ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar